Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

myXL Aplikasi Penipu, Hati-hati Membeli Paket Kuota Internet, Sistemnya Rusak dan Membagongkan


Sebetulnya sudah beberapa kali saya tertipu dengan aplikasi myXL ini. Tetapi waktu itu masih bisa saya abaikan karena masih dalam transaksi yang kecil-kecil (di bawah 50 K). Akan tetapi setelah saya mendapatkan perlakuan yang sangat buruk setelah saya melakukan transaksi pembelian kuota di atas 50 ribu-an. Maka saya menjadi jengkel dan harus mengungkapkannya di sini. 

Ketika itu pada (3 Februari 2024) saya membeli paket kuota di myXL seharga 54.000. Nama paketnya XTRA COMBO Plus 24 GB. Setelah klik dan melakukan transaksi, masuklah pemberitahuan dari SMS. Tentu saja saya merasa lega dengan notifikasi itu. Artinya proses transaksi sudah berhasil. Lalu kemudian saya segera melakukan browsing. Lama saya mengklik apa yang saya cari di google ternyata tidak bisa loading. Berarti ada yang tidak beres dengan sambungan. Berkali-kali saya coba hidup dan matikan data selulernya tetapi tetap saja tidak bisa. Lalu saya pun mencoba membuka aplikasi myXL. Karena khusus untuk aplikasi myXL memang tidak dikenakan tarif internet, maka saya masih bisa membukanya. Setelah saya buka ternyata eh, ternyata, kuotanya zonk. Kok bisa begini? Pikir saya. Saya pun mencoba cek di riwayat transaksinya ternyata tidak ada riwayatnya. Saya mulai curiga. Lalu saya pikir lagi, mungkin ini masih proses, tapi kan tadi sudah ada pemberitahuan SMS kalau paketnya sudah aktif. Kok SMS-nya bisa tidak satu kata dengan yang di myXL? 

Setelah menunggu beberapa saat lamanya, saya kembali mencoba browsing lagi tetapi masih tidak bisa. Kemudian saya cek sisa kuotanya di myXL, di situ saya cuma dikasih kuota bonus untuk fabebook sebanyak 4 GB. Sementara kuota utamanya yang 20 GB raib. Bagaimana bisa begitu. Berarti ini penipuan dalam jual beli. Tapi tunggu dulu, saya akan menghubungi Chat Virtual Maya. Mungkin masih bisa diatasi. Karena kebetulan dulu saya pernah mengadukan masalah pelanggan di Chat Maya, jadi saya tau caranya. Saya pun mencoba mengklik tombol Chat Maya. Namun loadingnya lama sekali. Bahkan sampai tidak bisa dibuka alias blank. Beberapa kali saya coba kembali untuk menghubunginya namaun tetap tidak bisa. Hingga larut malam saya berusaha terhubung dengan Customer Service XL tetapi tidak berhasil juga. Rencana selanjutnya mau menelpon 817, namun sudah terlalu malam. Karena kesal dan mengantuk akhirnya saya tarik selimut.

Pagi-pagi saya bangun dengan masih memendam rasa kecewa dan penasaran soal kuota bodong yang saya beli semalam. Saya pun mencoba mengubungi 817 untuk menghilangkan rasa kecewa. Tetapi lagi-lagi 817 benar-benar tidak manusiawi. Dia lebih mengandalkan suara-suara dari AI. Saya makin kecewa. Kembali saya membuka myXL kekecewaan saya makin bertambah sebab kuotanya belum juga muncul. Lalu apa tindakan saya selanjutnya?

Saya pun membuka laptop lalu mengelik: xl.co.id/LC, yang ternyata terhubung langsung ke Chat Maya. Akhirnya saya bisa berinteraksi dengan Maya. Namun lagi-lagi ini adalah sebuah layanan robot yang sangat tidak manusiawi. Dia tidak akan bisa menjawab pengaduan. Dia hanya bisa menjawab bila kita mengklik salah satu menu yang sudah ditentukan. Ini kan pembodohan. Sementara apa yang dikeluhkan pelanggan tidak ada di menu itu. Karena Maya tidak bisa menjawab, percakapan pun dialihkan ke chat lain yang disebut sebagai asisten maya. Jadi ceritanya si Chat Virtual Maya ini punya asisten yang dalam bentuk manusia yang sebutnya Live Agent #M570. 

Akhirnya saya bisa berinteraksi dengan manusia. Namun kali ini saya dicecar dengan berbagai pertanyaan. Saya harus menyiapkan berbagai dokumen lengkap. Mulai dari nama saya siapa, transaksi pakai apa, membayar dengan apa, lalu saya juga harus mengirim struknya, sampai detail tentang tanggal, jam, dan menit-menitnya. 
 
Ini menurut saya lebih tidak manusiawi lagi. Padahal dia kan lebih tau. Karena dia yang punya sistem. Katanya canggih kok tidak bisa merekam kejadian yang baru semalaman. Pastilah ada detail transaksi saya di sana. Tapi baiklah, saya mencoba memenuhi permintaannya. Karena saya orang yang tidak bodoh-bodoh amat di dunia teknologi jadi dengan mudah saya memenuhi semua itu. Sebab semuanya sudah saya siapkan sejak semalam. Tetapi untuk detail transaksinya saya tidak punya. Seperti yang saya katakan di atas bahwa riwayat transaksi di myXL tidak ada, tetapi saya punya laporan dari SMS XL. Jadi itu yang saya lampirkan juga.

Setelah memenuhi semua permintaan Live Agent #M570, mereka mulai mencoba mengecek transaksi saya. Namun lagi-lagi dengan kebodohannya, apanya yang mau dicek lagi. dia punya sistem yang canggih. Kok malah ngecek secara manual lagi. Apa ini cuma alasan mereka. Hingga lebih dari setengah jam saya berkomunikasi lewat Chat itu, tetapi sepertinya dia sudah mau ngeles, hingga akhirnya dia menyatakan bahwa kalau keluhan saya sedang ditangani. Saya dikasi kode respon untuk saya kirim lewat SMS ke 818809. Teksnya kira-kira begini, 
"Pelanggan setia, permintaan/keluhan C200258799 sedang ditindaklanjuti. Cek laporan Anda vis sms ketik: STATUS<spasi>C200258799 kirim ke 818809"
Saya pun mencoba mengirim SMS tersebut, dan jawabannya, apa? lihatlah jawabannya seperti ini.
"Pelanggan setia XL, permintaan/keluhan anda sedang kami tindaklanjuti. Terima kasih."
Begitulah jawabanya. Sampai seratus kali pun saya mengirim sms maka jawabannya tetap saja seperti itu. Berarti yang menjawabnya lagi-lagi adalah mesin, bukan manusia. Sekali lagi saya dibuat kecewa bertumpuk. Ini bukannya menyelesaikan masalah, tetapi menambah masalah batin saya. 
 
Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti sejenak. Saya sudah merasa capek chat dengan Maya maupun agentnya. Sebab tidak ada solusi yang berarti. Padahal saya inginnya mereka ganti uang saya kalau memang tidak bisa diproses kuota internetnya. Minimal mereka ganti 50 K sudah cukup untuk saya beli paket lain. tetapi kini malah di PHP. Jadi siapa yang tidak kecewa. Terus terang saya tidak kecewa dengan uang yang hangus. Tetapi saya sangat kecewa dengan sistem pelayanannya yang buruk. Mereka seperti memutar balikkan data dan fakta. Ini sudah kayak di drama sinetron. 

Mulai sekarang buat kalian yang ingin bertransaksi apa pun di myXL coba pikir-pikir dulu. Lebih baik dengan cara yang lain lah. Saya sangat tidak merekomendasikan kalian untuk aplikasi myXL. Bila perlu kartu XL nya juga diganti lah. Pindah ke provider yang lain. Tapi kalau masih sayang sama kartunya, minimal kalian hapus tu aplikasi myXL.  Sekian terima kasih.

Post a Comment for "myXL Aplikasi Penipu, Hati-hati Membeli Paket Kuota Internet, Sistemnya Rusak dan Membagongkan"